Penyebab Perang Korea Utara dan Korea Selatan

Setelah berakhirnya Perang Dunia 2 muncul persaingan-persaingan baru antara Blok Barat dan Blok Timur yang lebih dikenal dengan sebutan “Perang Dingin” Adapun negara-negara yang telah menjadi korban akibat Pernang Dingin diantaranya:

1. Vietnam terpecah menjadi Vietnam Utara dan Vietnam Selatan
2. Jerman terpecah menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur
3. Korea terpecah menjadi Korea Utara dan Korea Selatan

Dalam perjanjian Yata tahun 1945 beriisikan bahwa Uni Soviet akan mengumumkan perang kepada Jepang setelah pernag di eropa selesai. Dimana pasukan Uni Soviet akan menyernag Jepang melalui Semenanjung Korea. Pada tanggal 8 Agustus 1945, Uni Soviet melancarkan serangannya terhadap pasukan Jepang lewat Semenanjung Korea.

Selama 6 hari peperangan, Uni Soviet keluar sebagai pemenang pada tanggal 14 Agustus pasukan Jepang menyerah kepada pasukan Sekutu. Dengan ketentuan pasukan Jepang yang berada di sebelah Utara menyerah kepada Uni Soviet sedangkan pasukan Jepang yang berada di sebelah Selatan menyerah kepada Amerika Serikat.

Hal inilah yang menjadi dasar pembagian Korea yang menjadi garis demarkasi antara Korea Utara dan Korea Selatan.


Adapun penyebab Perang Korea Utara dan Korea Sleatan dibagi menjadi 2 sebab, yaitu sebab khusus dan sebab umum

1. Sebab Khusus
Pada bulan Desember 1948 sidang umum PBB mengesahkan laporan tentang hasil-hasil pemilihan di Korea Selatan. Sedang menyatakan bahwa pemerintahan Korea Selatan adalah satu-satunya pemerintahan yang sah.  Selain itu juga ditetapkan terbentuknya komisi baru Korea yaitu Commission on Korea (Komisi tentang Korea) yang tugasnya meliputi:

1. Mengadakan penyelidikan penarikan pasukan pendudukan di Korea.
2. Mengambil alih komisi sementara PBB di Korea.
3. Mencoba mengadakan penyatuan Korea.

Dengan adanya keputusan tersebut Korea Utara semakin membenci Korea Selatan dan Amerika Serikat. Korea Utara merasa hak-haknya tidak diakui PBB. Dengan demikian Uni Soviet terus mendukung Korea Utara untuk mendapatkan hak-haknya dan mendapatkan wilayah Korea Seluruhnya dnegan jalan kekerasan atau peperangan. 

2. Sebab Umum
a. Adanya persaingan ideologi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet
Pihak Korea Selatan yang berada dibawah pengaruh Amerika mengembangkan paham liberal-kapitalis sementara Korea Utara yang berada dibawah pengaruh Uni Soviet mengembangkan paham sosial-komunis.

b. Pembagian wilayah Korea menjadi dua bagian
Setelah PD II berakhir, Korea menjadi wilayah persengketaan. Dimana beberapa hari sebelum Jepang menyerah pada tanggal 10 Agustus 1945, Amerika Serikat dan Uni Soviet akan menerima tawanan-tawanan Jepang yang berada di Korea. 

Keputusan ini didasarkan pada Perjanjian Potsdam 1945, yaitu membagi Korea menjadi dua bagian dengan batas wilayah 380 LU diserahkan kepada Amerika Serikat dibawah pimpinan Letnal Jenderal R. Hogde. Sedangkan pasukan Jepang yang berada disebelah Utara diserahkan kepada Uni Soviet dibawah pimpinan Kolonel Jenderal Ivan M. Christyalov.

Garis tersebut menjadi garis demarkasi antara pertahanan Amerika Serikat dan Uni Soviet. Dengan demikian pembagian wilayah Korea menjadi dua bagian menjadi suatu garis pertikaian antar dua kekuatan, secara tidak langsung hal ini menghalangi cita-cita bangsa Korea untuk menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu. 

c. Tidak adanya kesepakatan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet tentang pembentukan Korea
Pada bulan Desember diadakan konferensi para menteri luar negeri, konferensi ini merupakan tindak lanjut dari Deklarasi Potsdam. Dalam konferensi tersebut menghasilkan kesepakatan antara Amerka Serikat Uni Soviet dan Inggris yang menyatakan akan membentuk pemerintahan Korea yang demokratis. Pemerintahan ini merupakan pemerintahan perwakilan Internasional yang akan berlangsung selama lima tahun di mana dalam pemerintahan perwakilan tersebut pasukan-pasukan Amerika Serikat maupun Uni Soviet ikut serta didalamnya.

Pelaksanaan pemerintahan perwakilan Internasional ternyata tidak dapat diwujudkan karena tidak adanya kesepakatan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Masalah korea kemudian dibawa ke sidang sidang umum PBB. Pada tanggal 14 November 1947 sidang umum PBB memutuskan untuk membentuk komisi yang disebut (Komisi Sementara PBB untuk Korea).



Sumber:
Dewi, E. (t.t). Terjadinya Perang Korea (1950-1953) dan Hubungan Korea Utara dan Korea Selatan
hinnga 2013. Diakses dari
https://www.academia.edu/27619429/TERJADINYA_PERANG_KOREA_1950_1953_DAN
_HUBUNGAN_KOREA_UTARA_DAN_KOREA_SELATAN_HINGGA_2013
Penyebab Perang Korea Utara dan Korea Selatan Penyebab Perang Korea Utara dan Korea Selatan Reviewed by Rizqi Awan on 16.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.