Legenda Cina Kuno yang Terkenal

Mitologi Cina

1. Mitologi China : Penciptaan Alam Semesta
Orang-orang Cina mengenal berbagai mitos yang berhubungan dengan penciptaan alam semesta. Menurut salah satu legenda Cina, segala sesuatu pada mulanya berada dalam keadaan kacau balau dan dari kondisi tersebut akhirnya muncul dua buah kekuatan energi, yaitu yin dan yang. Dari energi tersebut memunculkan seorang raksasa yang bernama Bangu. Raksasa itu kemudian membereskan segala sesuatu yang kacau. Ia memahat batu-batu karang yang melayang-melayang di angkasa, kemudian batu-batu tersebut berubah menjadi matahari, bumi, bulan, dan bintang-bintang. Seiring dengan berjalannya waktu, tubuhnya membesar dan bertambah tinggi 6 kaki setiap harinya. Bangu meninggal setelah selama 18.000 tahun ia bekerja.


(Yin dan Yang)

Didalam legenda Cina bercerita bahwa kepalanya berubah menjadi gunung-gunung, napasnya berubah menjadi udara dan awan, kulit dan rambutnya berubah menjadi pohon-pohon, gigi dan tulangnya berubah menjadi logam, dan keringatnya berubah menjadi air hujan. Sedangkan manusia berasal dari ulat atau serangga yang merambati tubuhnya

Mitologi Cina atau dongeng yang ada di Cina lainnya ialah seorang dewi yang bernama Nuwa, ia menciptakan manusia serta hewan. Menurut legenda Cina, Nuwa manusia diciptakan dari tanah liat kuning. Ketika Nuwa merasa kelelahan karena banyaknya manusia yang harus ia ciptakan, pada akhirnya ia mencelupkan seutas tali ke dalam lumpur lalu mengibas-ngibaskannya. Percikan-percikan itu secara ajaib berubah menjadi manusia sehingga pekerjaan Nuwa lebih ringan dan cepat.

Nuwa dikatakan pula pernah menambal langit-langit yang bocor. Alkisah, pada saat itu terjadi peperangan antara Zhu Rong (Dewa Api) dan Gong Gong (Dewa Air). Pertarungan tersebut berlangsung sangat hebat diantara keduanya. Pada akhirnya Dewa Air kalah dalam pertarungan itu, lalu ia melarikan diri ke dalam salah satu pilar langit yang mengakibatkan langit tersebut bergoyang dan roboh. Langit menjadi terkoyak dan hujan deras pun turun membasahi bumi sehingga terjadi banjir besar di mana-mana. Melihat hal tersebut, Nuwa segera menambal langit yang sobek dan mengakhiri penderitaan manusia.

2. Mitologi China : Penguasa-penguasa Legendaris Zaman Dongeng Cina

a. Tiga Raja dan Lima Kaisar Purbakala dalam legenda Cina (Sanhuang Wudi)
Legenda-legenda China kuno memberikan kita sedikit gambaran mengenai kehidupan masyarakat pada zaman itu. Orang harus berkelompok dan menyatukan kemampuannya agar selalu hidup terhadap buasnya alam. Mereka harus bekerjasama dan saling berbagi makanan yang didapatkan. Seseorang yang memiliki kemampuan dan kualitas yang tinggi dalam kepemimpinan dijadikan sebagai pemimpin bagi kelompok masyarakatnya. Pada saat itu, belum dikenal sistem pewarisan dalam kepemimpinan, jika pemimpin merasa tidak sanggup lagi untuk memimpin dia akan memberikannya kepada orang yang memiliki kecakapan yang sama dengan dirinya. 

Kelompok kaisar legendaris yang pertama disebut Tiga Raja (Sanhuang)  yang hidup sekitar 3000 SM. Raja yang pertama adalah Suiren yang merupakan raja pencipta api. Raja yang kedua adalah Fuxi yang memberikan sumbangsih kepada rakyat China, seperti memancing, menangkap binatang, membuat alat musik, dan tatacara perkawinan. Raja yang ketiga adalah raja Shennong yang mengajarkan teknik-teknik bercocok tanam dan obat-obatan. Raja Shennong ini biasa dipakai oleh masyarakat China sampai saat ini sebagai dewa pelindung toko-toko obat. 

Ketiga raja tersebut digambarkan sebagai makhluk-makhluk aneh yang memiliki tubuh separo manusia dan separo naga. Karena zaman ini merupakan zaman dongeng, kita tidak perlu terkejut bila tiga dewa tersebut digambarkan seperti itu. 



Sumber:
Taniputera, I. (2009). History of China. Yogyakarta:Ar-Ruuz Media 

Legenda Cina Kuno yang Terkenal Legenda Cina Kuno yang Terkenal Reviewed by Rizqi Awan on 02.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.